Dalam Keterbatasan, Dua Santri Rajai Hasil UAMBN Se-DIY

Bantul, Senin, 18 April 2016 10:09 (NU Online

Sejak awal berdirinya, Madrasah Aliyah (MA) Unggulan Al-Imdad Bantul terus menorehkan prestasi. Mulai dari Lomba Kader Kesehatan, Lomba Hadroh Kreatif, Aksioma (Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah) hingga MQK, Pospeda, dan MTQ.

Yang terkini, MA berbasis pesantren ini berhasil menempatkan dua santrinya di posisi tertinggi hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) MA 2016 DI Yogyakarta, atas nama Ananta Prayoga Hutama Syam dan Ahmad Fahmi.  



Dengan menjalankan prinsip “Berprestasi dalam Keterbatasan”, madrasah yang bernaung di bawah Yayasan Pondok Pesantren Al-Imdad ini terus berjuang mewujudkan keunggulan-keunggulan yang diharapkan menjadi bekal bagi siswa-siswi dalam menghadapi masa depan—tahfidzul qur’an, baca kitab kuning,muhadatsah (percakapan bahasa Arab), conversation (percakapan bahasa Inggris), dan karya tulis. Prinsip tersebut dikumandangkan agar siswa-siswi MA Unggulan Al-Imdad, yang juga santri di Pondok Pesantren Al-Imdad, tidak memandang rendah potensi yang ada dalam diri mereka. 

Sebagai siswa-siswi dari sebuah madrasah yang baru lahir, barangkali wajar jika mereka kemudian merasa tak mampu bersaing dengan madrasah-madrasah lain yang lebih dahulu lahir dan mapan. Namun, segenap guru dan karyawan, bahkan pengasuh, terus memompakan semangat dan kepercayaan diri atas mereka melalui beragam cara. Mulai dari yel-yel “Aku harus bisa! Aku pasti bisa! Al-Imdad luar biasa!” hingga melekatkan hashtag #AmazingAlimdad dalam keseharian mereka.

Perjuangan. Ya, perjuangan. Barangkali satu kata inilah yang perlu Anda tanamkan dalam benak saat ingin memahami MA Unggulan Al-Imdad. Betapa tidak? Perjuangan benar-benar telah menjadi ‘makanan’ parastakeholder di sana—mulai dari siswa, karyawan, guru hingga wali siswa. Bayangkan saja bagaimana para siswa dan guru yang harus menjalani proses kegiatan belajar mengajar dengan lesehan di mushala berdinding gedhek (anyaman bambu) atau di teras ndalem pengasuh.

Selain itu, sebagai santri, siswa-siswi MA Unggulan Al-Imdad juga harus prihatin. Mereka sudah harus bangun sebelum adzan Shubuh berkumandang untuk memulai kegiatan. Tahajjud, jama’ah sholat Shubuh, setoran hafalan ayat-ayat Al-Qur’an, hadits, tashrifanvocabulary, serta sorogan kitab kuning adalah ‘sarapan’ utama mereka sebelum masuk madrasah. Kegiatan di madrasah sendiri, yang berlangsung mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 14.45 WIB, amatlah sangat menguras energi. Lantas, kegiatan ekstra kurikuler yang menantang juga harus mereka hadapi di sore hari.

Tidak berhenti di situ, tanggung jawab sebagai santri harus mereka lanjutkan dengan kembali melakukan setoran bejibun hafalan dan atau sorogan Al-Qur’an selepas jama’ah shalat Maghrib. Selepas Isya, bandongan beragam kitab klasik khas pesantren sudah menanti. Jam 21.00 WIB, saat remaja seusia mereka bisa menikmati beragam hiburan, mereka justru harus musyawarah terkait pelajaran di madrasah keesokan hari. Barulah jam 10 malam mereka bisa menikmati indahnya mimpi. Dan satu hal lagi, mereka menjalani itu semua tanpa diizinkan membawa hape atau menonton televisi.

Perjuangan dan prihatin. Sepasang kata yang selalu menghiasi dinding-dinding pesantren sejak zaman baheula. Sepasang kata ini pula yang diyakini masyarakat pesantren sebagai rumus mendapatkan berkah. Seringkali memang formula perjuangan plus prihatin sama dengan berkah ini tak mudah dipahami begitu saja. Orang barat bilang, “Seeing is believing” atawa dalam bahasa kita, “Dengan melihat sendirilah baru kau bisa mempercayainya”. 

Pepatah barat di atas mungkin ada benarnya. Berkaca pada apa yang telah diraih dua siswa MA Unggulan Al-Imdad yang juga santri di Pondok Pesantren Al-Imdad ini, sadarlah kita bahwa gerakan #AyoMondok yang dicanangkan oleh Pengurus Pusat Rabithah Ma’ahid Islamiyyah Nahdlatul Ulama bukanlah ajakan yang didorong oleh kepentingan sesaat. Gerakan #AyoMondok itu adalah representasi dari keberhasilan pesantren dalam membuktikan diri bahwa mereka adalah yang terbaik. Tidak hanya itu, madrasah dan pesantren juga hingga kini terus membuktikan bahwa mereka benar-benar telah teruji. Sehingga, meskipun kerap dipandang sebelah mata, keberadaan pesantren tak akan pernah lekang oleh zaman dan justru terus relevan. 

Muhammad Yusuf Anas, mengabdi di MA Unggulan Al-Imdad dan Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul

Komentar